Mau kirim barang via laut? Kirim barang takut mahal? Atau takut ribet kirim barang pake kontainer? Nah, kali ini Prahu-Hub akan kasih tau informasi buat anda yang sering kali khawatir mau kirim barang via laut. Pengiriman barang via laut bisa menggunakan metode LCL. penasaran ngga apasih LCL itu? Yuk Simak informasi berikut ini! 

Seiring meningkatnya populasi, maka semakin meningkatnya kebutuhan manusia pula dalam tiap harinya. Yang dimana proses pendistribusian barang juga harus berkembang seiring berjalannya waktu. Salah satu kegiatan pendistribusian barang adalah aktivitas pengiriman barang. Aktivitas pengiriman barang hingga hari ini sudah berkembang sangat masif. Perkembangan aktivitas pengiriman barang menyebabkan banyaknya metode pengiriman barang, Salah satunya adalah pengiriman barang via laut. Setiap customer pengiriman barang tentunya menginginkan tarif yang murah untuk pengiriman barang. Setiap jasa pengiriman ataupun ekspedisi juga selalu berusaha memenuhi keinginan konsumen dengan memberikan layanan yang baik. Salah satu layanan tersebut adalah LCL

LCL

LCL sendiri merupakan singkatan dari Less Container Load, yaitu metode pengiriman barang dengan menggunakan kontainer, baik yang berukuran 20 feet maupun 40 feet. Dalam metode ini pengirim barang tak harus menyewa 1 kontainer penuh. Cukup membayar beban barangnya yang dihitung berdasarkan kubikasi. Pengiriman barang satu kontainer penuh yang terdiri dari beberapa pengirim yang tergabung dalam satu container. Jadi dalam satu kontainer berisi berbagai campuran barang yang dimiliki oleh orang yang berbeda-beda. 

 

Ada beberapa kelebihan dengan metode pengiriman LCL yaitu:

 

  • Pengirim barang tak perlu menyewa satu kontainer penuh.
  • LCL lebih dapat menekan biaya pengiriman. 
  • Tarifnya menggunakan hitungan Kubikasi. 

 

Pengiriman barang menggunakan metode LCL juga memiliki sejumlah prosedur yaitu:

 

  • Pertama, Muatan dari beberapa pengirim (Shipper) yang akan dikirim ke berbagai penerima (Consignee) telah berada pada carrier.
  • Carrier akan mengurus proses stuffing (muat ke dalam kontainer) dengan biaya dari Carrier.
  • Kemudian Carrier memuat peti kemas yang telah terisi ke atas kapal. Bisa juga proses muat  petikemas dilakukan oleh shipper.
  • Pada pelabuhan tujuan, petikemas yang telah dibongkar akan dibawa oleh pelayaran untuk proses stripping (bongkar muat). 
  • kemudian barang tersebut akan dikirimkan atau diambil oleh berbagai penerima (consignee). 

 

Untuk anda yang ingin mengirim barang secara LCL tidak ada salahnya anda menghitung kubikasi terlebih dahulu. Rumus menghitung volume pada dunia ekspekdisi aalah P x L x T : 4000. Contoh. Jika sebuah barang memiliki berat 10kg, tetapi mempunyai panjang, lebar dan tinggis masing-masing 50cm. Perhitungannya adalah 50 x 50 x 50 : 4000 = 32,25 Kg. Maka baran yang tadinya memiliki berat 10 kg sekarang berjumlah 32 Kg.
Rumus Perhitungan Kubikasi

Rumus hitung kubuk tak jauh berbeda dengan hitungan volume. Biasanya sistem hitung kubikasi dipakai untuk pengiriman barang dengan jumlah banyak  dengan menggunakan kargo laut karena harganya akan lebih murah dari hitungan perkilo. 

 

Rumus hitungan kubik adalah P x L x T : 1.000.000 = Hasil. Contoh: Misalkan barang dengan panjang, lebar dan tinggi adalah 200 cm maka perhitungannya adalah 200 x 200 x 200 : 1.000.000 = 8. Jadi hasilnya adalah 8m3. 

 

Nah sekarang anda sudah mengetahui kan bagaimana pengiriman barang dengan metode LCL. Jika anda malas menghitung kubikasinya, tenang! Prahu-Hub akan membantu anda untuk menghitungkan kubikasi dan volume barang anda!  PRAHU-HUB adalah Digital Logistic Platform untuk memudahkan setiap orang maupun perusahaan pengirim barang dalam melakukan pengiriman kargo melalui darat dan laut yang mudah, aman dan murah. Pengiriman LCL melalui Prahu-Hub akan terjamin keamanannya, karena Prahu-Hub telah menangani lebih dari 20 ribu pengiriman ke 272 destinasi seluruh Indonesia. Prahu-Hub juga memiliki tenaga ahli yang sangat profesional dalam bidangnya yang memastikan barang anda sampai pada tujuan dalam kondisi baik. Dapatkan berbagai rute pengiriman kargo antar pulau berikut jadwal dan harga yang transparan untuk selalu membantu kelancaran bisnis Anda. Nikmati kemudahan segala kebutuhan pengiriman barang atau kargo melalui moda darat dan laut melalui aplikasi web kami yang terdukung oleh notifikasi!. Dengan Prahu-Hub dapatkan penawaran menarik untuk biaya pengiriman ke setiap rute domestik!

Baca Juga: KIRIM BARANG VIA LAUT? INILAH SYARAT DAN KETENTUANNYA!